Minggu, 31 Juli 2011

Proposal Rumah Baca

PROPOSAL PENGADAAN
RUMAH BACA
KREASI EDUKASI


LATAR BELAKANG

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan lama ini masih tetap dapat dipegang kebenarannya, meski saat ini berkembang beragam jenis media untuk mendapatkan pengetahuan (informasi), seperti televisi dan internet.
Namun terbukti , tak pernah ada suatu media yang benar – benar sempurna untuk menjadi sarana tamasya pengetahuan bagi khalayak ramai. Sebagai “perpustakaan“ dengan kuantitas mengagumkan. internet memiliki spesifikasi khusus yang mengakibatkan tidak semua orang dapat mengaksesnya, Televisi juga merupakan media informasi yang hebat, Namun kepentingan moral membuat televisi tidak selalu dapat menjadi sumber informasi yang positif.
Pada celah ini, buku – buku dengan kualitas baik tetap dirasa penting. Bagaimanapun membaca buku merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kemampuan literasi seorang individu. Seperti kita ketahui, indonesia menghadapi masalah rendahnya tingkat literasi. Salah satu indikator adalah rendahnya minat baca masyarakat. Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (2009). Orang lebih memilih menonton TV (85.9%) dan atau mendengarkan radio (40.3%) daripada membaca koran (23.5%) (www.bps.go.id)
Sayangnya masyarakat pedesaan lebih sulit mendapatkan buku, baik karena faktor ekonomi, geografi, maupun tingkat pengetahuan. Terkait hal itulah kami merintis Rumah Baca Kreasi Edukasi di Kampung Cikampak Desa Bojongrangkas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

SEKILAS MUARAKREASINDO

MuaraKreasindo, Merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dan pemberdayaan manusia. Salah satu program MuaraKreasindo adalah pengadaan Rumah Baca “Kreasi Edukasi”. Selain menyediakan bahan pustaka, taman bacaan ini juga menjadi tempat berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti Bimbingan belajar siswa, kelas tahsin, pembekalan keterampilan untuk remaja, english club, dll.



DESKRIPSI LOKASI






Rumah Baca “Kreasi Edukasi” berlokasi di Kampung Cikampak RT 1 RW 6 Desa Bojongrangkas, Kec.Ciampea, Kab.Bogor dengan menempati lahan seluas 2,4 m x 1,5 m. Dinding berupa triplek dan lantai dari semen.

MAKSUD DAN TUJUAN
Memohon bantuan dana, koleksi buku, majalah, novel, komik edukatif, CD pembelajaran dan lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat / khalayak umum demi terwujudnya taman bacaan tersebut. Bantuan juga dapat berupa rak buku serta fasilitas penunjang lainnya berdasarkan gambaran umum mengenai MuaraKreasindo dan deskripsi lokasi Rumah Baca “Kreasi Edukasi”.

SASARAN


 Pelajar (TK,SD,SMP,SMA)

 Guru TK, SD, SMP, SMA

 Masyarakat Umum





JENIS BANTUAN YANG DIHARAPKAN

@ Dana
@ Koleksi Buku :
 Buku Cerita / Dongeng
 Majalah islami & umum
 Novel
 Buku Motivasi
 Buku / Majalah Kesehatan
 Buku Pengetahuan Umum
 Buku Literatur Bahasa / Kamus
 Buku2 Pelajaran
 Buku Biografi tokoh nasional/internasional
 Buku Teknologi tepat guna
 Buku Fiksi ilmiah / Sejarah / Misteri / Epik
 Buku Pendidikan anak / Balita
 Buku islami dan lainnya
@ Fasilitas Penunjang lainnya :
 Rak Buku, Meja, Kursi
 Karpet,Whiteboard dan lainnya
MEKANISME BANTUAN

• Diantar langsung
• Pick Up Service / Dijemput*)
• Bantuan Dana Via Rekening atau datang langsung
• Bantuan Tenaga, datang langsung, dll

PENUTUP

Sungguh berbahagia jika Bapak/Ibu bisa berbagi dengan MUARAKREASINDO Ketika Bapak/Ibu Menyatakan:
"Kami Tertarik untuk berbagi serta memberikan bantuan kepada Rumah Baca “KREASI EDUKASI” Berupa…………………………………………………………….."
Maka Bapak/Ibu dapat menghubungi kami di :
Phone : 0812 852 0043 / 0856 1442 303 dengan
saudari Sri Widayati
email : muara.kreasindo@gmail.com
WebBlog : http//:www.muarakreasindo.blogspot.com
Rekening : Bank Muamalat, 900 370 9689
Bank Syariah Mandiri (BSM), 016 007 9940
Bank Central Asia (BCA), 095 251 8869
a.n. Muhammad Kamaludin
*) untuk wilayah sekitar kota/kab. Bogor

2 komentar:

Sekilas Muara Kreasindo Group

Muara Kreasindo merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pemberdayaan manusia dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk membantu pemenuhan aspek - aspek yang meliputi kebutuhan manusia secara komprehensif / menyeluruh.Dicetuskan oleh Muhammad Kamaludin (Ilmu Tanah IPB '01) di Bogor, pada hari Sabtu, 07 Juli 2007.

  • Visi : menjadi Lembaga Pemberdayaan yang berkualitas dan bertaraf internasional.
  • Misi : mengakomodir berbagai potensi yang terdapat dalam diri manusia sehingga dapat diberdayakan untuk memenuhi aspek kebutuhan hidup yang beragam meliputi Kebutuhab Jasadiyah (Jasmani), Ruhiyah (Spiritual), Fikriyah (Intelektual).


Ketiadaan sumberdaya menyebabkan Muara Kreasindo belum dapat menunjukkan pergerakan yang berarti hampir selama 2,5 tahun. Kini Muara Kreasindo mencoba melangkah dan bergerak secara bertahap untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dicita-citakan. Meski dengan Sumberdaya (Team) yang masih terbatas.Saat ini Muara Kreasindo memiliki 7 divisi/unit usaha yang beragam, diantaranya:


* Divisi Pelatihan (Kreasi Training)


* Divisi Pendidikan (Kreasi Edukasi)


* Divisi Kesehatan (Kreasi Health Care)


* Divisi Multimedia (Kreasi Publisher)


* Divisi Kreatifitas dan Seni (Kreasi Gallery)


* Divisi Informasi (Kreasi Broadcast)


* Divisi Event (Kreasi Organizer)


Keseluruhan Divisi tergabung menjadi Muara Kreasindo Grup (MKG) dengan motto "Empowering People"


Dengan Budaya Kerja MK (7 i)


1. Integritas,


2. Intelektualitas,


3. Inspiratif,


4. Inisiatif,


5. Inovatif,


6. Inklusif,


7. Interaktif.